Pentingnya Merawat Kesehatan Kulit

Pentingnya merawat kesehatan kulit, ukan hanya bagi Anda yang peduli  pada penampilan saja, tapi juga mereka yang tidak peduli atau tidak memiliki waktu untuk merawat kulitnya.

Inilah alasan mengapa Anda perlu merawat kulit:

  • Kulit memiliki nilai estetis. Artinya, kulit yang sehat akan memberikan tampilan yang baik. Coba bayangkan jika kulit Anda tidak dirawat. Tentu Anda sendiri akan enggan melihatnya, bukan?
  • Sebagai bagian terluar tubuh, kulit memberikan perlindungan fisik dari sinar ultraviolet serta bahan kimia yang berbahaya.
  • Kulit juga memiliki fungsi antibodi, sehingga berperan dalam pertahanan imunitas tubuh dalam melawan benda asing atau mikroorganisme berbahaya.
  • Kulit mampu membuang racun atau zat yang tidak diperlukan tubuh melalui fungsi eksresi kelenjar keringat. Jika tidak dirawat, maka bukan tidak mungkin racun atau zat yang tidak diperlukan tubuh akan tertinggal di kulit dan menyebabkan hal yang tidak Anda inginkan.
  • Kelenjar dan pembuluh darah yang ada di kulit memungkinkan kulit untuk mengatur suhu tubuh. Dengan melakukan perawatan kulit, maka suhu tubuh Anda dapat terus terjaga dengan baik.
  • Berbagai reseptor dan saraf yang tersebar di seluruh permukaan kulit membuatnya menjadi salah satu organ (indra peraba) yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan kesehariannya.
  • Kulit mampu memfasilitasi pembentukan vitamin D, yang dibutuhkan untuk metabolisme tubuh.

Pentingnya merawat kesehatan kulit bukan tanpa alasan, lho. Aktivitas yang padat membuat Anda sering berhadapan dengan sinar matahari dan polusi udara, seperti asap rokok, asap kendaraan, serta limbah udara pabrik.

Sinar matahari berlebihan bisa membuat kulit wajah Anda mengalami sunburn. Ditambah lagi, paparan berbagai polusi dan asap juga diketahui dapat merusak kekencangan kulit serta memicu berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Sebagian besar orang mengakali hal ini dengan masker. Penggunaan masker saat beraktivitas memang bisa mengurangi paparan sinar matahari dan polusi udara sehingga berdampak baik pada kulit Anda. Namun, penggunaan masker yang tidak tepat juga bisa berdampak buruk pada kulit wajah.

Masker bedah yang dipakai berulang kali atau masker kain yang tidak dicuci dengan tepat bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan virus. Selain itu, memakai masker di tengah panasnya kota juga bisa membuat wajah berkeringat, sehingga kulit menjadi lebih lembap dan hangat.

Kondisi kulit seperti ini ideal untuk pertumbuhan bakteri, jamur, bahkan parasit. Jika kesehatan dan kebersihan kulit Anda tidak dijaga, hal ini tentu dapat membuat Anda lebih berisiko mengalami masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, rosacea, dan selulitis.

Belum lagi jika Anda termasuk orang yang sering menyentuh wajah. Sebuah studi mengatakan bahwa rata-rata orang bisa menyentuh pipi, dagu, atau dahinya bisa mencapai 13 kali dalam 1 jam. Kebiasaan ini akan membuat wajah terpapar kuman atau kotoran dari tangan.

Ternyata kulit memiliki fungsi yang cukup banyak dan istimewa sekali, bukan? Nah, agar bisa menjalankan fungsinya dengan optimal, kulit perlu dijaga kesehatannya. Karena itu, jangan abaikan kesehatan kulit Anda, dan mulailah merawatnya.

0 Comments

Recent Post
Tips Cantik Alami Tanpa Perawatan Mahal

Tips Cantik Alami Tanpa Perawatan Mahal

Ada beragam tips cantik alami yang dapat dilakukan dengan mudah, baik melalui perawatan mandiri dari luar maupun dari dalam. Dengan begitu, Anda pun bisa tampak lebih memesona tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. 1. Lindungi kulit dari paparan sinar UV Salah satu...

Alasan Pentingnya Melakukan Perawatan Kulit Sesuai Usia

Alasan Pentingnya Melakukan Perawatan Kulit Sesuai Usia

Perawatan kulit sesuai dengan usia dan kondisi kulit agar kesehatan kulit senantiasa terjaga.Beda tahapan usia, beda juga permasalahan dan risiko yang dihadapi. Ini semua karena faktor fisiologis manusia yang akan terus berubah dari waktu ke waktu. Berikut ini adalah...

Jenis-Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya bagi Kulit

Jenis-Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya bagi Kulit

jenis-jenis masker wajah yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan kulit bersih dan berseri. Pemilihan jenis masker wajah sebaiknya disesuaikan dengan tipe kulit dan tujuan penggunaan. Hal ini dikarenakan setiap jenis masker wajah memiliki manfaat yang berbeda...

Ciri yang Menunjukkan Kulit Sehat

Ciri yang Menunjukkan Kulit Sehat

Ciri-ciri kulit sehat Penting untuk tahu apakah kulit Anda sehat atau tidak karena informasi ini membantu Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat. Beberapa kondisi kulit di bawah ini bisa menjadi patokan dalam mengukur kesehatan kulit Anda. 1. Warna kulit...

Manfaat Masker Wajah Untuk Kulit

Manfaat Masker Wajah Untuk Kulit

Manfaat masker wajah tidak hanya mampu merelaksasi kulit wajah, tapi juga ada banyak manfaat lainnya. Selain membeli produk masker instan wajah yang ada di toko-toko, kamu juga bisa membuat adonan masker sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Masker alami juga...

Apa itu Perawatan Wajah?

Apa itu Perawatan Wajah?

Perawatan wajah adalah metode untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah maupun mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Prosedur ini dapat dilakukan secara rutin, baik di rumah maupun di klinik estetika atau rumah sakit. Namun, memilih perawatan yang tepat adalah...

Share This